Saturday, June 8, 2019

Pengenalan Microsoft Word 2010,Menu dan fungsi menu Ms Word 2010

Apa itu Microsoft Word ?
Microsoft Word adalah perangkat lunak atau perangkat lunak komputer yang berfungsi sebagai pengelola kata. Fungsi Ms.Word pasti akan berkaitan dengan kata-kata namanya, huruf, dan tidak akan jauh dari daerah itu. Pada saat ini Microsoft Word paling banyak digunakan oleh komunitas pengguna komputer, karena penggunaan program cukup mudah, dan manfaatnya banyak. Dalam menjalankan fungsinya Ms.Word dilengkapi dengan menu menu yang cukup banyak dengan fungsinya masing-masing.
Mengenal Bagian Microsoft Word 2010

1. Quick Aces Toolbar
     Baris menu Quick aces toolbar ini terletak di bberfungsi untuk mengakses cepat lansung dari halaman lembar keja Ms.Word kita bisa menseting menu-menu apa saja yang akan kita taruh di Quick toolbar.
2. Title Bar  
       Title Bar terletak di bagian paling atas tengah. Title Bar adalah nama dimana kita memberi judul file kita ketika disimpan di komputer.
3. Tool Bar
       Tool Bar adalah bagian Ms.Word yang memiliki fungsi sangat pentik, dan terdiri dari banyak sekali menu dan icon lainnya, berfungsi sesuai dengan fungsinya masing;masing.
4. Ruller
      Ruller adalah penggaris atau skala ukuran yang berada di bagian atas area kerja Ms.word.
Ruler horizontal muncul tepat di bawah bagian Ribbon dan sering digunakan untuk mengatur margin dan tab stop. Ruler vertikal muncul di tepi kiri jendela Word dan sering digunakan untuk mengukur posisi vertikal elemen pada halaman.
5. Area kerja Ms.Word
     Area kerja Ms.Word atau lembar kerja ms.word adalah tempat dimana kita menulis atau membuat kontent yang ingin kita buat/butuhkan, seperti tabel, menyisip gambar,dll.
6. Status Bar
     Status bar adalah baris menu yang tidak terlalu banyak. Letak menu ini berada dibagian bawah pojok kanan, ada beberapa pengaruran yang terdapat dalam menu ini seperti menu zoom.
7. Roller 
    Roller adalah bagian yang berfungsi untuk menggulung halaman kerja secara horizontal dan vertikal.
8. Tombol Office
    Tombol Office berfungsi untuk membuka dokumen tertutup, untuk mencetak dokumen. Terletak di sudut atas
9. Window Arrangement
   Terletak di sudut kanan atas. Minimalkan adalah tombol untuk meminimalkan jendela. Maksimalkan, adalah tombol untuk memaksimalkan jendela. Tutup adalah tombol yang berfungsi untuk menutup jendela.
10. Halaman kerja
     Berfungsi untuk mengelola tampilan seperti tata letak cetak, layar penuh, tata letak web, garis besar, dan konsep
11. Zoom in - out.
     Menu yang berfungsi untuk memperbesar tampilan atau memperkecil tampilan.
    
Mengenal Menu dan Fungsi Menu Ms,Word 2010
A. Fungsi Menu File

  1. Save, berfungsi untuk menyimpan file yang dibuat(ctrl + s)
  2.  Save As, befungsi untuk menyisipkan dokumen dengan beberapa opsi format, seperti PDF, Doc, Dot, dll.
  3. Open, berfungsi untuk membuka file dokumen.
  4. Close, berfungsi untuk menutup aplikasi Ms.Word.
  5.  Info,berfungsi untuk mengetahui informasi tentang dokumen yang dibuat
  6. Recent, berfungsi untuk melihat dokumen yang sebelumnya dihapus
  7.  New,berfungsi untuk membuka dokumen baru(ctrl + n)
  8.  Print, berfungsi untuk menampilkan informasi pada dokumen yang akan dicetak.
  9. Save & Send, berfungsi untukmenyimpan dan mengirin langsung dokumenyang telah dibuat.
  10. Halp, berfungsi untuk menapilkan bantuan pada Ms.Word
  11. Options, berfungsi untuk melakukan otorisasi pada Ms.Word 2010
  12. Exit, berfungsi untuk keluar.
B. Fungsi menu  Home

  1. Paste, Untuk menempelkan tulisan atau gambar yang telah disalin di sumber lain.
  2. Cut,Untuk memotong tulisan atau gambar yang telah di seleksi di dalam dokumen.
  3. Copy,Untuk menyalin tulisan atau gambar didalam dokumen word.
  4. Font Style, Untuk memilih atau merubah jenis tulisan yang kalian inginkan.
  5. Bold (B), Untuk membuat tulisan menjadi tebal.
  6. Italic (I), Untuk membuat tulisan menjadi miring.
  7. Underline (U), Untuk membuat tulisan bergaris bawah.
  8. abc , Untuk membuat tulisan coret.
  9. Superscript dan Subscripot X2, Untuk membuat pangkat pada tulisan seperti kuadrat, meter persegi, Kubik Dll.
  10. Font Size, Untuk merubah ukuran tulisan.
  11. A Style, Untuk membuat style atau gaya pada tulisan.
  12. Highlight Text (ab), Untuk memblok warna kata atau kalimat didalam dokumen.
  13. Font Color (A), Untuk merubah warna huruf atau tulisan di dalam dokumen.
  14. Align Left, Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata kiri.
  15.  Align Center, Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata tengah.
  16. Align Right, Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata kanan.
  17. Align Justify, Untuk merubah tulisan dokumen menjadi seimbang kanan dan kiri.
  18. Shading Color , Untuk merubah warna blok pada tulisan dokumen (background color).
  19. Icon Tabel , Untuk membuat tabel secara manual.
  20. Bullets,Untuk membuat icon kecil disamping tulisan
  21. Numbering, Untuk membuat nomor disamping tulisan.
  22. Multilevel List, Untuk membuat kombinasi list antara bullets dan numbering.
  23. Increase dan Decrease, Untuk menambahkan dan mengurangi lebar paragraf.
  24. Sort, Untuk menyortir isi dokumen sesuai dengan abjad atau juga berdasarkan angka.
C. Fungsi Menu  Insert

  1. Cover Page, Untuk membuat cover halaman pada dokumen
  2. Blank Page, Untuk menambah halaman baru pada dokumen yang sedang dikerjakan
  3. Page Break, Untuk memisahkan halaman sebelum dan sesudahnya, seperti ketika kalian akan membuat dua mode kertas yang berbeda didalam satu dokumen, contohnya bisa kalian lihat di Artikel ini .
  4. Table, Untuk menambahkan sebuah tabel di dalam dokumen
  5. Picture, Untuk menambahkan gambar dari galeri komputer
  6. Clip Art, Untuk menambahkan gambar kecil seperti icon bawaan dari word 2010
  7. Shapes, Untuk menambahkan bentuk shapes seperti tabung, segitiga, kubus dll.
  8. SmartArt, Untuk membuat smartart seperti diagram batang, circle proses dll.
  9. Chart, Untuk menambahkan diagram chart seperti diagram alur lalu lintas
  10. Screenshot, Untuk memasukkan hasil screenshot atau tangkapan layar di komputer secara cepat
  11. Hyperlink, Untuk memasukkan link alamat website kedalam teks
  12. Bookmark, Untuk menyimpan bagian dari dokumen yang kalian anggap penting
  13. Header, Untuk menambahkan objek yang menjadi ciri khas dari dokumen kalian atau juga bisa dikatakan sebagai hak cipta kalian
  14. Footer, Sama seperti header, namun letaknya berada dibawah dokumen 
  15. Page Number, Untuk membuat nomor halaman pada dokumen
  16. Text Box, Untuk membuat tek didalam kotak
  17. Wordart, Untuk membuat tulisan dengan gaya-gaya yang unik
  18. Drop Cap, Untuk membuat tulisan seperti bentuk koran, dimana huruf pertama didalam dokumen akan tampak menjadi besar
  19. Equation, Untuk menambahkan simbol matematika  didalam dokumen
  20. Symbol, Sama dengan fungsi Equation
D. Fungsi Menu Page Layout

  1. Themes, Untuk membuat theme atau tema yang akan digunakan
  2. Margins , Untuk mengatur ukuran dari kertas yang akan di gunakan
  3. Orientation ,Untuk mengatur mode kerta, apakah portrait atau landscape
  4. Size, Untuk menentukan jenis kertas apa yang akan di gunakan
  5. Column ,Untuk menentukan mode kolom tulisan pada setiap halaman dokumen
  6. Watermark ,Untuk membuat gambar transparan pada halaman dokumen yang bisa disebut juga sebagai identitas asli dari dokumen yang dibuat
  7. Page Color,Untuk menentukan warna atau gambar yang akan di jadikan background
  8. Page border, Untuk membuat bingkai halaman
E. Fungsi menu References
  1. Table of contents, berfungsi untuk membuat daftar isi secara otomatis.
  2. add text, berfungsi untuk menambah teks pada daftar isi.
  3. Update table, berfungsi untuk memperbarui daftar isi 
  4. Insert footnote, berfungsi untuk membuat catatan kaki
  5. Insert citation, berfungsi untuk memasukan kutipan 
  6. Insert endnote, berfungsi untuk memberi catatan akhir
  7. Next footnote, berfungsi untukmengatur catatan kaki selanjutnya.
  8. Manage sources, berfungsi untuk memasukan sumber yang akan dimasukan dalam kutipan.
  9. Style, berfungsi untuk memilih gaya tulisan dalam kutipan.
  10. bibiliography, berfungsi untuk memberi daftar pustaka.
  11. Insert caption, berfungsi untuk memberi foto dalam teks dengan penjelasannya.
  12. Insert table of figure, berfungsi untuk memberikan tabel, daftar atau foto.
  13. Update Table, berfungsi untuk memperbarui daftar.
  14. Maks entry, berfungsi untuk menandai teks dalam dokumen indeks
  15. Insert index, berfungsi untuk mencari indek
  16. Mark citation
  17. update table
  18. insert of authorities, berfungsi untuk memasukan daftar penulis 
F. Fungsi menu Mailings
  1. Envelopes, berfungsi untuk membuat amplop.
  2. Labels, berfungsi untuk menampilkan label pada word.
  3. Start mail marge, berfungsi untuk memulai membuat surat.
  4. Select recipient, berfungsi untuk memilih orng yang kan kita kirim surat.
  5. Addres block, berfungsi untuk menunjukan alamat pada surat.
  6. Edit recipient list, berfungsi untuk membuat daftar penerima surat.
  7. Highligh merge fields, berfungsi untuk tandai dengan warna tempat yang akan berubah tiap surat berisi penerima yang berbeda.
  8. Greeting time, berfumhsi untuk baris surat yang berisi salam.
  9. insert marge fiel, berfungsi untuk memberikan data tentang apa saja yang ada dalam penerima surat.
  10. Rules, berfungsi untuk aturan tertentu untuk ditambahakan dalam mail merge.
  11. Match field, berfungsi untuk mencocokan penerima agar tidak ada yang sama.
  12. Update table, berfungsi untuk merubah susunan table dengan penerima surat.
  13. Preview result, berfungsi untuk menayangkan hasil sesuai dengan apa yang akan dibuat oleh penerima.
  14. Find recipient, berfungsi untuk menemukan penerima yang diinginkan.
  15. Auto Check for errors, berfungsi untuk pengecekan kesalahan otomatis.
  16. Finish and merge, berfungsi untuk selesai proses pembuatan main marge.
G. Fungsi menu Review
  1. Abc, berfungsi untuk mencetak ejaan dan susunan dalam teks.
  2. Research,berfungsi untuk membuka panel mengenai pencarian kata.
  3. Thesaurus, berfungsi untuk menyarankan kata lain yang memiliki arti mirip dengan kata yang dipilih.
  4. Translate, berfungsi untuk menterjemahkan ke bahasa yang kita inginkan 
  5. Laguage, berfungsi untuk memilih pilihan bahasan
  6. New comment, berfungsi untuk tambahan tentang yang dipilih 
  7. Dalete, berfungsi untuk mengahpus komentar
  8. Previos, berfungsi untuk melihat komentar sebelumnya.
  9. Next, berfungsi untuk melihat komentar yang sebelumnya
  10. Track changes, jejak dari perubahn dalm dokumen
  11. Final show markup, tayangan untuk menegcek kembali isi dokumen.
  12. Show markup, berfungsi untuk memilih markup apa yang cocok tampilkan di dokumen
  13. Reviewing pance, berfungsi untuk mengecek dokumen
  14. Accept. berfungsi untuk menerima penerima yang telah diubah
  15. Reject, berfungsi untuk mengapus penerimaan
  16. Previous, berfungsi untuk melihat dokumen sebelumnya
  17. Next, melihat revisi yang setelahnya dibuat.
  18. Compare, untuk melihat dua dokumen dan membandingkannya
  19. Block autors, untuk membuat dokumen yang dibuat oleh orang lain.
  20. Restrict editing, untuk mengunci dokumen agar tidak diubah orang lain.
H. Fungsi menu View
  1. Print layout, untuk melihat kertas kerja yang akan du print.
  2. Full screen, untuk melihat kertas kerja secara keseluruhan
  3. Web layout, untuk melihat dokumen yang di unduh dari website.
  4. Outline, untuk melihat dokumen yang telah kita ketik dengan jelas.
  5. Draft, untuk melihat dokumen yang kita ketik secara sekilas saja
  6. Ruler, untuk mengukur objek dokumen yang kita ketik
  7. Gridlines, untuk memberi garis kotak kotak pada dokumen yang kita buat.
  8. Navigation pance, untuk melihat lebih besar dokumen yang kita ketik
  9. 100%, berfungsi untuk melihat dokumen dalam ukuran 100%
  10. One page, untuk melihat dokumen dalam satu halaman penuh
  11. Two page, untuk melihat dokument dalam dua halaman penuh
  12. Page width, untuk membuat membesar lebar dokumen denga layar
  13. Arrange all, untuk memperlihatkan semua program yang saling bersebelahan di layar
  14. Split, untuk membagi layar menjadi dua bagian untuk melihat pada waktu bersamaan
  15. View slide by slide, untuk melihat kokumen satu demi satu
  16. Synchronous scrolling, untuk scrool dua dokument sehingga bergerak bersamaan.
  17. Reset window position, untuk mengulang posisi window seperti semula
  18. Switch window, untuk melihat dokumen yang sejenis tapi berbeda
  19. macros, untuk melihat daftar makro yang mana dapat berlari,menciptakan atau menghapus suatu makro

😊SEMOGA BERMANFAAT😊

No comments:

Post a Comment