Sunday, June 9, 2019

Mengenal Drop Cap, Columns, Header & Footer, Chip Art dan Watermark, Page Border, Smart art, footnote dan Comment

A. Drop Cap
Drop Cap merupakan suatu paragraf yang di mulai dengan huruf yang lebih besar dibandingkan dengan huruf yang dipakai pada keseluruhan paragraf. Umumnya dalam mengetik artikel, huruf awal dibuat tampak sepaya lebih besar dan menarik perhatian pembaca. Drop Cap berfungsi untuk menyisipkan berfungsi untuk menyisipkan huruf kapital dengan ukuran lenih besar di awal paragraf.     
Cara  menggunakan Drop Cap:

  1. Klik kalimat yang ingin dibuat menggunakan fitur Drop Cap, alau blok salahsatu hurufnya
  2. Pilih menu insert, lalu pilih grup text dan klik drop cap
  3. Dropped: Drop cap ditambahkan di dalam paragraf
  4. In margin: Drop cap ditempatkan dalam margin
  5. Fungsi drop cap berhasil di terapkan 
B. Columns
Colimns merupaknan pengaturan dalam Microsoft word untuk membagi dokumen/ tulisan menjadi beberapa naris dlam satu halaman. Columns biasanya digunakan pada pembuatan koran, majalah,dsb.
Cara membuat Columns:

  1. Pilih menu page layout
  2. klik columns
  3. Pilih berapa columns yang di inginkan
  4. Selesai fungsi columns telah diterapkan
C. Header & Footer
Header adalah bagian dari kolom yang mucul di bagian atas, sedangkan footer adalah bagian dari dokumen yang muncul di margin bagian bawah. Header dan footer umumnya mengandung informasi tambahan seperti nomor halaman, tanggal,nama pengarang, dan catatan kaki, yang dapat membatu membuat dokumen lebih terorganisir dan mempermudah dibaca. Teks yang dimasukan pada header atau footer akan muncul pada setiap halaman dokumen.
Cara membuat Header & Footer:

  1. Klik pilih dimana saja pada margin atas atau bawah dokumen. Dalam contoh akan double klik margin atas
  2. Header atau footer akan membuka dan tab desain akan muncul di sisikanan ribbon. Titik penyisipan akan muncul di header atau footer. 
  3. Klik informasi yang diinginkan ke dalam header atau footer. dalam contoh penulisan tanggal
  4. Klik close header and footer
  5. Header atau footer teks akan muncul

D. Chip Art & Watermark
     Chip Art fengsinya adalah menyisipkan suatu gambar yang ada didalam menu clip art.
Cara menggunakan Chip art:

  1. Pilih menu insert, klik Clip art
  2. lihat di pojik kana klik go dan pilih di clip art yang di sisipkan
  3. Clip art telah selesai di terapkan
    Watermark fungsinya adalah sebagai identitas, hak cipta untuk melindungi suatu karya yang dibuat langkah-langkah dalam pengaturan watermark.
Cara membuat watermark:

  1. Pilih menu pagelayout dan klik watermark
  2. pilih custom watermark
  3. Isi semua katentuan yang ingin diatur sesuai dengan kemauan
  4. Watermark sudah diterapkan
E. Page Border
Page Border adalah garis pembatas dari sebuah halaman yang ada didalam lembar kerja ms word. Border (bingkai) digunakan untuk memberikan bingkai terhadap teks atau paragraf yang telah diketik.
Cara membuat Page Border:

  1. Pilih taks yang akan duberi bingkai
  2. klik home
  3. klik tab border, pilih border and shading
  4. pilih style, klik oke 
  5. Page border telah diterapkan
F. Smart Art
Smart Art berfungsi untuk menyisipkan atau menampilkan diagram atau bagan pada lembar kerja. Smart art membantu untuk membuat ilustrasi berkualitas desainer hanya dengan beberapa klik maouse.
Cara membuat Smart Art:

  1. Pilih menu insert, klik smart art
  2. Pilih grafik smart art yang ingin dipilih, klik tipe dan tataletak yang diinginkan
  3. setelah selesai memilih bagan maka masukan data bagan yang ingin dibikin
  4. Selesai.
G. Footnote & Comment
Footnote dalam bahasa indonesia disebut dengancatatan kaki, merupakan daftar catatan atau keterangan yang disertakan di bagian bawah lembar dokumen. Beberapa literatur juga menempatkan catatan kaki dibab terakhir. Soal isi,catatn kaki umumnya berisi keterangan tambahan, testimoni atau komentar yang menjelaskan pendapat dan pernyataan yang bertuang dalam karya ilmiah. Catatn kaki juga bisa digunakan untuk melengkapi referensi atas pendapat yang disempaikan di dalam tulisan.
Cara membuat Footnore:

  1. Buka dokumen yang ingin diberi footnote, kemudian letak kursor atau tandai posisi yang diinginkan
  2. Klik menu References, klik Insert Footnote
  3. Selanjutnya akan langsung dihantarkan ke footnote yang dibuat
  4. Isi dengan keterangan atau references yang diperlukan
  5. Untuk membuat Footnote lanjutan tinggal mengulangi langkah di atas.
  6. Lalu lanjutkan dengan mengisi keterangan di footnote yang baru dibuat.
Comment berfungsi untul k memberi komentar terhadap tulisan atau kata yang salah atau tidak sesuai(baku), Comment juga digunakan untuk mengkoreksi bagian-bagian yang salah
Cara membuat Comment:
  1. Pilih atau blok kaliamat yang akan deberikan komentar ( catatan)
  2. Klik menu Review
  3. Pilih New comment
  4. Lalu ketikkkan catatan atau komentar yang diberikan
  5. Setelah selesai silahkan simpan file tersebut.
😊SEMOGA BERMANFAAT😊

No comments:

Post a Comment